Nge Blog Dengan BlogDesk

Males kan login ke WP.Com…?? mau publikasi tulisan kita di blog tapi koneksi internet gak terlalu mendukung, atau kadang sudah ngetik banyak-banyak tau-tau pas kita klik publish koneksi internet terputus. Sepertinya kalau anda masih mengalami hal diatas, anda tidak menikmati enaknya ngeblog😀. Berikut saya berikan tips ngeblog tanpa perlu login terlebih dulu ke Admin Panel wordpress (Dashboard WP.COm).

Pertama anda harus mendownload BlogDesk terlebih dulu, kemudian menginstallnya pada komputer anda, tentunya saya menganggap anda menggunakan windows yah, kalo masih pada pake Linux cepet-cepet migrasi deh (Eh salah ya… :-D).

Apa sih BlogDesk..???

BlogDesk merupakan aplikasi blog client yang memungkinkan pengguna blog memposting tulisannya tanpa perlu login terlebih dulu melalui web blog yang mereka miliki. Dengan tampilan yang tidak berbeda jauh dengan blog editor (WYSIWYG Editor) WP.Com tentunya penggunaannya sangat mudah sekali. Lebih lanjut >>

Jika anda telah selesai mendownload, berikutnya anda harus menginstalnya pada komputer anda masing-masing hingga dapat digunakan untuk keperluan mengisi blog anda.

Cara Penggunaan

Temukan shortcut BlogDesk, kemudian klik dua kali untuk menjalankannya, maka anda akan diberikan tampilan sebagai berikut :

Sebelumnya anda harus mendaftarkan account blog yang anda miliki. Untuk memulai proses pendaftaran account blog anda klik pada menu File –> Manage Blogs.

Kemudian akan tampil jendela baru sebagai berikut :

Klik tombol “New” untuk melanjutkan proses pendaftaran, maka akan tampil jendela berikut :

Isi dengan url blog yang anda miliki, misalnya http://namabloganda.wordpress.com. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan proses berikutnya, seperti gambar dibawah ini :

Seperti tampilan gambar diatas, anda harus memilih layanan blog yang anda gunakan. Jika anda menggunakan wordpress.com sebagai blog anda, maka anda cukup mengklik WordPress kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya, seperti gambar berikut :

Abaikan perintah diatas dengan mengklik tombol Next.

Pada gambar diatas anda diminta memasukkan nama login wordpress blog anda dan tentunya beserta passwordnya.

Pada gambar diatas anda diminta untuk memilih Blog ID dengan cukup mengklik tombol “Get Blog ID”, hasilnya seperti gambar berikut

Proses berikutnya anda akan diminta untuk menampilkan kategori dari tulisan yang telah anda buat sebelumnya pada blog wordpress anda, tampilan prosesnya sebagai berikut :

Klik tombol “Get Categories” maka BlogDesk secara otomatis akan menampilkan kategori-kategori yang telah anda buat sebelumnya seperti tampilan berikut :

Berikutnya anda diminta untuk mencoba untuk melakukan proses upload gambar, karena saya tidak mengupload gambar pada server wordpress.com melainkan melalui penyimpanan photo gratis di flickr.com, saya lebih menyukai melewati proses ini dengan menekan tombol “Next”. Tetapi tidak ada salahnya jika anda mencoba fitur ini. Cukup dengan mengklik tombol “Test Upload” dan tunggu beberapa saat maka anda akan mendapatkan hasil dari proses tes tersebut.

Sampai pada tahap tersebut berarti proses pendaftaran dan sedikit konfigurasi BlogDesk telah selesai, untuk mengakhirinya tekan tombol “Finish”.

Memulai BlogDesk

Untuk memulai BlogDesk tentunya sangat mudah, anda cukup menuliskan isi dari tulisan yang akan anda muat pada blog seperti layaknya anda mengetik pada versi online blog wordpress yang telah menggunakan editor WYSIWYG. Namun ada beberapa kekurangan editor BlogDesk yang tidak sama persis dengan editor blog WordPress versi online. Hanya saja kita tetap dapat menggunakannya dengan nyaman, contohnya untuk membuat halaman blog kita menjadi format tampilan setengah dan tampilan penuh. Jika pada blog WordPress versi online kita cukup mengklik pada tombol yang sudah tersedia, pada editor BlogDesk anda harus memasukkannya secara manual.

Untungnya kode-kode tersebut telah dibuat dalam format tag, sehingga memungkinkan kita untuk mengetiknya secara manual. Pada editor BlogDesk anda hanya perlu menampilkannya dalam mode html editor, kemudian letakkan kode tag editor wordpress dibaris yang anda sukai. Sebagai contoh saya akan meletakkan tag <!–more–> pada tulisan yang akan saya buat di editor BlogDesk.

Untuk mengaktifkan mode html editor anda harus mengklik pada menu utama BlogDesk, View –> Source, kemudian pindahkan kode tag editor dibaris yang anda inginkan. Memang agak sedikit repot, tetapi ada kelebihan lain yang dapat anda nikmati.

Jika tulisan anda telah siap dipublikasi anda cukup memilih ingin dipublikasi pada blog yang mana (jika lebih dari satu blog) dan pada kategori apa. Anda dapat memilihnya pada bagian sebelah kanan (Blog and Categories). Berikutnya anda pilih File –> Publish Post atau Ctrl+F9, atau pada toolbar BlogDesk telah ada shortcut dengan lambang , tunggu beberapa saat, maka BlogDesk akan mengirimkan secara langsung tulisan yang anda tulis pada BlogDesk.

Penulis : MicoKelana

83 Responses to “Nge Blog Dengan BlogDesk”


  1. 1 Kang Kombor Maret 27, 2007 pukul 7:32 pm

    Hmm… mau buat tulisan tentang WLW dah keduluan Mas Mico tentang Blogdesk. Kalau ditambahkan juga, blogger baru akan bingung tidak ya? Sebagai info, saya tidak bisa menggunakan Blogdesk karena LAN menggunakan proxy sedangkan di Blogdesk tidak ada sarana untuk setting proxy. Mas Mico ada saran tidak supaya saya tetap bisa menggunakan BlogDesk di LAN ber-proxy?

  2. 2 micokelana Maret 28, 2007 pukul 7:47 am

    Kang proxynya transparent gak..??
    Klo dikantor proxynya transparent, jadi user tidak perlu memasukkan alamat proxy server di browser yg mereka gunakan. Karena saya buat DHCP server juga jdi user tidak perlu merubah2 ip.

    JIka kondisinya seperti tersebut diatas, tidak ada masalah kok. Tapi klo memang harus pake proxy BlogDesk tidak ada setingan untuk memasukkan proxy.

  3. 3 Kang Kombor Maret 28, 2007 pukul 2:06 pm

    Proxy harus disetting. Macam wbloggar dan WLW saya bisa pakai karena saya bisa set proxynya. BlogDesk, Blogjet, Qumana, Zoundry, saya belum bisa nyicipin karena nggak ada setingan proxy.

  4. 4 Syaiful Maret 29, 2007 pukul 1:19 pm

    thanks atas informasinya, ternyata enak nulis pakai BlogDesk.

  5. 5 pramur Maret 29, 2007 pukul 10:49 pm

    Numpang nimbrung nih Mas…
    Kalo di Ubuntu, bukankah udah ada Performancing yang telah dibahas Om Wadehel? Bedanya apa ya? CMIIW

  6. 6 micokelana Maret 30, 2007 pukul 7:37 am

    @kang kombor : Klo hrs di setting sepertinya blogdesk belom support mas😀. Pake yang laen aja flock or performancing atau blog client yg laen.

    @pramur : yah namanya juga alternatif, bedanya jelas kan, klo blogdesk standalone bukan plugin kayak si om performancing.

  7. 7 cintabening Maret 30, 2007 pukul 9:54 am

    Blogdesk emang te-o-pe-be-ge-te!!
    Pokoknya, puaaaaass pake blogdesk🙂

  8. 8 dewo April 2, 2007 pukul 8:11 am

    Tadinya aku pakai Performancing, tapi aku coba BlogDesk deh. Sekarang sedang donlot nih. Terima kasih informasinya.

  9. 9 dewo April 4, 2007 pukul 4:38 pm

    Sayangnya tidak bisa jalan di Vista. Ya sudah, aku uninstall lagi😦

    Salam.

  10. 10 cakmoki April 6, 2007 pukul 10:14 am

    Ehm, versi PDF nya ada nggak ?
    hehehe, rasanya enak deh kalo ada dokumen PDF, ntar bisa dicoba yang paling friendly. Trims😀

  11. 11 Tebenk April 8, 2007 pukul 4:40 am

    wuih apek tenan masukkannya….!!
    mas tolong dong buat software laennya yang ndukung buat ngeblog….!! n thanks buanget
    dari cah ndheso yg belajar ngeblog

  12. 12 madsyair April 15, 2007 pukul 5:34 pm

    blogdesk bisa juga portabel, maseko dah buatkan program tambahannya. bisa dilihat di maseko.com

  13. 13 amiepoenya April 16, 2007 pukul 8:28 pm

    makasih ya mas and salam kenal ya …

    ” jabatan tangan “

  14. 14 Kang Pardjo April 19, 2007 pukul 2:45 am

    nambah ilmu lagi… ijin sedot omm
    ntar sebagian tulisanya aku boyong ke tempatku
    biar jadi kenangan, mulai blajar ngeblog, thanks

  15. 15 Goio April 28, 2007 pukul 11:57 am

    Alow, mau memberikan pertanyaan terbuka nih…

    Ada keanehan pada dua posting terakhirku (menggunakan blogdesk. Ketika aku upload posting baru, bagian comment dan ping-nya (by default) langsung ke set-off. jadinya harus login ke WP lagi untuk ngedit supaya di-allow… padahal di blogdesk-nya udah di-tick box yang bagian allow ping & comments-nya. Apakah teman-teman pengguna blogdesk mengalami hal yang sama? Ada ide? Terima kasih.

  16. 16 mpkalsel Mei 1, 2007 pukul 8:24 am

    makasih atas infonya tp mas apakah ada fasilitas di blogdesk untuk merubah font baik jenis atau ukurannya

  17. 17 micokelana Mei 2, 2007 pukul 6:22 pm

    Goio : Coba perhatiin deh opsi pada pojok kanan bawah, seperti berikut
    Allow Comment, Allow Pings, kedua opsi tsb harus dalam kondisi tercentrang, agar gak perlu ngedit lagi dari WP-Admin.

    mpkalsel : Klo default di BlogDesk kayaknya khusus untuk plaintext deh, anda bisa coba guide yg dibuat oleh Mr. urip disini.

  18. 18 .\Goio Mei 2, 2007 pukul 7:22 pm

    Micokelana,
    Seperti aku tulis pada komenku sebelumnya, allow comments dan pings sudah aku tick.

    Anyway, ternyata emang ada perubahan di WP.com yang belum diakomodir Blogdesk. Tapi udah ada versi baru yang dirilis kok, jadi tinggal diapgred ajah, ubah setting sedikit, beres deh. Kurang lebih seperti yang aku tulis di sini lah

  19. 19 susiloharjo Mei 20, 2007 pukul 8:18 am

    kalo di ubuntu pake drivel sip juga buat ngeblog🙂 liat disini http://susiloharjo.wordpress.com/2007/05/05/drivel/ go open source go🙂

  20. 20 anas Mei 24, 2007 pukul 12:07 am

    Apa BlogDEsk ini mirip dengan deepest sender yang ada dalam Mozilla ya ?

  21. 21 Bayu Juli 18, 2007 pukul 3:50 pm

    kok engga ada yang cerita pakai flock yaa ??

  22. 22 arultien Juli 22, 2007 pukul 8:08 am

    bisa dipake posting untuk blogsome.com ga yach?

  23. 23 cahbojonegoro Agustus 12, 2007 pukul 7:55 pm

    Kalau di Ubuntu bisa pakai Drivel, BlogEntry Poster, Bleezer dan BloGTK.
    Saya kira di distro Linux lain juga ada, jadi nggak perlu migrasi ke windows🙂

  24. 24 Maxxy September 14, 2007 pukul 4:46 am

    maaf semuanya… kalo post2blog (shareware) ada yang pernah nyoba gak? saya udah make nih tapi tingkat time outnya terlalu tinggi…

  25. 25 Adrin Laksita Oktober 24, 2007 pukul 8:56 pm

    Saya kok lebih suka pake Flock ya, abisnya dapet dari majalah PCmedia tuh softwarenya, jadi ga perlu donlod😛

    Sampe-sampe sukanya sama flock saya posting tutorial di http://adrin.freehostia.com/2007/10/24/posting-blog-menggunakan-flock-lebih-simpel/

    yah disamping bisa posting blog, flock kan juga bisa berfungsi sebagai foto uploader.

  26. 26 kerja mandiri Februari 20, 2008 pukul 1:57 pm

    Panduan di blog ini sangat bagus para pemula. SO keep work! Thank you

  27. 27 robby Februari 26, 2008 pukul 10:06 am

    artikel yg bagus utk nge-blog.
    saya ada pertanyaan nih, saya pake proxy tetapi proxy tidak mendukung FTP masih bisa ga ?

    terima kasih.

  28. 28 dony Maret 8, 2008 pukul 8:52 am

    selain blogdesk, program apa ya yang bisa digunakan? kalau mungkin ada…
    thanks for temen2 master blog:)

    • 29 arda Juli 12, 2009 pukul 6:34 pm

      kalo aq saat ini menggunakan XAMPP.atau wp offline.silahkan anda cari di google.dan jngn lupa download WP juga dari sites wordpress biasanya berupa zip.untk panduanya.coba liat di blognya nyah tony.smg membantu

  29. 30 kerja mandiri Maret 12, 2008 pukul 2:16 pm

    Blog ini berisi dedikasi panduan blogger. sangat unik sangat bermanfaat bagi temen2 di Indonesia

  30. 31 A. Qahar Mudzakkir Maret 22, 2008 pukul 12:37 am

    Mantap mas.. kalo boleh tanya, gimana ya cara buat satu halaman yang memuat daftar isi dari tulisan dalam satu kategori? jadi kan bisa ke view semua..

  31. 33 ariefhs April 30, 2008 pukul 10:55 am

    Walah ternyata saya sudah keduluan satu tahun buat artikel tentang Blogdesk-nya🙂 Siplah. Setidaknya ada kesamaan ide.

  32. 34 mudzakkir Mei 4, 2008 pukul 3:32 pm

    saya baru ngedownload BlogDes mau saya coba, trims atas tutorialnya, mudah-mudahan jadi amal soleh.

  33. 35 agoenk70 Mei 5, 2008 pukul 8:27 am

    mas klo saya mengunkana wordpress tapi dengan domain sendiri masih bisa gak yach?
    ngeblog lewat blogdesk???

  34. 36 agoenk70 Mei 5, 2008 pukul 8:33 am

    wowww enak banget sekarang ngblognya semenjak pake Blogdeskk
    wuach mantap bet dahh
    makacih yach mas tutorialnya

  35. 37 adibmubarrok Juni 18, 2008 pukul 10:51 am

    mmmm…. ketemu nih tools yang enak buat blog, thanks atas info dan artikelnya, dan salam kenal🙂

  36. 38 adibmubarrok Juni 18, 2008 pukul 10:59 am

    akhirnya ketemu nih tools yang enak buat ngeblog, thanks atas info dan artikelnya, dan salam kenal🙂

  37. 39 Jaisy01 Juni 25, 2008 pukul 7:07 am

    Wah, postingan ini yang saya cari2. Saya sudah pake blogdesk tapi bingung caranya😀 kok nggak konek2 yah?
    Yah, sekarang saya pake Blog2p kalau nggak salah! TOP BGT neh!😀

  38. 40 Ryan Juli 12, 2008 pukul 10:01 am

    thanks buat infonya, jadi gak susah lagi

  39. 41 Ryan Juli 12, 2008 pukul 3:04 pm

    kalau posting pakai blogdesk,di mana memasukkan input tag untuk postingan kita ya? maklum newbie

  40. 42 oacomper Juli 26, 2008 pukul 4:36 am

    Aq newbi neeh tolong kasih pencerahannya pas saya klik get blog id gagal terus.

  41. 43 eko Agustus 9, 2008 pukul 8:04 pm

    sekadar menambahkan,
    selain BlogDesk, bisa juga pakai addons Mozilla Firefox, yaitu ScribeFire (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1730). Untuk memasang addons tsb, klik dan drag file addons ScribeFire ke dalam jendela Mozilla Firefox, kemudian klik tombol Install. Kemudian klik tombol Restart Firefox.
    Addons ini cukup praktis dan OK. Tidak perlu install apa2, dan bisa jalan baik di Window atau Linux. OK, met coba.

    *maaf buat yg sudah tahu😉 *

  42. 44 eko Agustus 9, 2008 pukul 8:06 pm

    oya.., lupa.
    setelah terpasang, scribefire bisa diakses melalui ikon kecil berwarna orange di sudut kanan bawah jendela firefox.

  43. 45 rieand Agustus 29, 2008 pukul 10:13 am

    Wah, makasih infonya Mas/Mba/Om/Tante ….
    coba dipraktekkin dulu

  44. 46 thelastthink September 1, 2008 pukul 12:08 pm

    Iya nieh
    BAgus nie program

    tapi, kalo mu nambah categori baru gimana caranya ????

  45. 47 Chairul Azan September 6, 2008 pukul 6:47 pm

    trimakasih atas tip2nya ya mas, akan saya coba deh pengen tahu jg lebih banyak.
    saya baru belajar nih tentang blog di WP. baru ada beberapa tulisan tp bukan tulisan saya.

    trims

    Chairul Azan
    numpang nampang : http://iditiens.wordpress.com

  46. 48 ardhi kus Oktober 9, 2008 pukul 12:39 pm

    mas itu untuk blogger bisa ga? apa cuma untuk wordpress aja?

  47. 49 idjal Oktober 22, 2008 pukul 12:25 pm

    Mas…Waktu di get ID komputerku tidak mau
    Bisa bantu gak

  48. 50 idjal Oktober 24, 2008 pukul 10:52 am

    Kemarin sudah bisa tapi perhari ini error
    error geeting blog id

    Untuk WordPress

  49. 51 ObjeveAerorie November 2, 2008 pukul 4:56 am

    Think about it… Are you playing with my eccentric dilemma Good joke🙂 Why was Santa’s little helper depressed? Because he had low elf esteem.

  50. 52 Abu Dekha Januari 21, 2009 pukul 5:49 pm

    Asswrwb..
    Om tanya kalau blog saya bukan wordpress melainkan blogspot apakah caranya juga seperti ini..
    Jujur saya pemula pengin UPLOAD belum pernah berhasil..
    Mohon Masukannya..
    Matur Nuwun

  51. 53 rully4 Maret 16, 2009 pukul 11:00 pm

    Kang, kalau bikin tabel di Blogdesk bisa ngga?, kalu bisa caranya gimana, sama kalau saya buat halaman baru di blog wp mau postingnya pake blogdesk caranya gimana? Nuhun Kang

  52. 54 aoben Juni 9, 2009 pukul 12:20 pm

    harus dicoba neh !!!
    hatur nuhun🙂

  53. 55 arda Juli 6, 2009 pukul 6:58 pm

    Thanks atas info ya mas,kapan2 aku coba.tapi saat ini aku lebih suka pake XAAMP.atau worpress offline karena tampilanya persis wp.kalo untuk postingan tinggal cr menu eksport/impor.
    SALAM…

  54. 56 badruz zaman Oktober 12, 2009 pukul 12:58 pm

    untuk yang ini,waduuuh, sudah kucoba. tapi suliit.

    tapi jadi tahu deh caranya, tanks.

  55. 58 tomi Januari 25, 2010 pukul 8:46 am

    saya dah pake.. emang mantabs aplikasi satu ini😀

  56. 59 Swin Maret 5, 2010 pukul 12:17 pm

    wadooow… makasih buat inputannya.
    Bisa offline sambil ngeblog nih🙂

  57. 60 BeINSTORE April 3, 2010 pukul 4:01 pm

    Menimba ilmu di blog ini. kunjung balik! 09:01

  58. 61 dyo Juni 14, 2010 pukul 11:43 pm

    wuih complete deh. sangat membantu

  59. 62 halim Maret 12, 2011 pukul 9:07 am

    makasih infonya ya….
    kunjungi juga blog saya Portal Islam & Sains Populer

  60. 64 anindita Maret 16, 2012 pukul 4:38 pm

    ikutan nyimak aja , barang kali bisa ..:D

  61. 66 Trinery Super Bonus Januari 22, 2013 pukul 11:32 am

    Saya punya RSS2Blog dan Massbloginstaller, tapi belum digunakan. Mungkin saya bagikan pada mereka yang afiliasi di web saya. Dan beberapa free tools internet dan software marketing.

  62. 67 Test Force Xtreme And Lean Muscle X Mei 18, 2013 pukul 3:43 am

    Currently it sounds like WordPress is the top blogging platform available right now.
    (from what I’ve read) Is that what you’re using on
    your blog?

  63. 68 yudhie Juni 9, 2013 pukul 1:12 pm

    tahks gan , sangat membantu,,, kunjungi blog aku juga yaa???

    http://mariberbagidotcom.blogspot.com/

    yah walaupun baru belajar hehehehe

  64. 69 risbyme November 25, 2013 pukul 3:48 pm

    mas micko.. kok gak bisa ya..
    keluar tampilan gini waktu Get Blog ID
    Error Getting Blog-ID
    HTTP-Errorcode:407
    PROXY AUTH REQ – Proxy Authentication required

    mohon arahannya.. maklum newbie..🙂

  65. 70 ルイヴィトン 財布 公式 November 30, 2013 pukul 11:03 am

    ルイヴィトン 財布 公式 裏地は通常必要がありますいくつかの種類安っぽい、ランダムな印刷も。卸売デザイナー袋をもう一つのブランドはバーバリーです。両方を提供する有益なウェブサイト有料と無料卸・小売仕様。 prada 長財布
    通販

  66. 71 Jayne Desember 6, 2013 pukul 12:16 pm

    It’s enormous that you are getting thoughts from this post as well
    as from our argument made at this place.

  67. 72 RAFIKA AYUANDARI Februari 11, 2015 pukul 6:44 am

    Tapi harus diingat bahwa tidak semua orang yang terinfeksi oleh virus ini menderita infeksi ini. Hal ini membuat sangatlah penting bagi Anda untuk tahu lebih banyak tentang virus ini.


  1. 1 Syaiful’s Live Journal » Blog Archive » Nge Blog lewat BlogDesk Lacak balik pada Maret 28, 2007 pukul 2:54 pm
  2. 2 BlogDesk yang aduhai.... « Corat-Coret di Dunia Maya Lacak balik pada Mei 15, 2007 pukul 1:44 pm
  3. 3 Test posting dengan BlogDesk « Pebi Purwo Suseno: Lacak balik pada Juli 11, 2007 pukul 11:00 am
  4. 4 Blogdesk… menulis jadi lebih mudah « perjalanan Lacak balik pada Februari 21, 2008 pukul 9:55 am
  5. 5 BLOG « Ianca80’s Blog Lacak balik pada Februari 22, 2009 pukul 5:41 pm
  6. 6 trial blogdesk « Wehaveforgotten’s Blog Lacak balik pada April 1, 2009 pukul 9:54 am
  7. 7 Nge Blog Dengan BlogDesk « Bisnisbuatkamu's Blog Lacak balik pada Oktober 24, 2009 pukul 4:26 pm
  8. 8 Tulis postingan offline,.. bisa ga sih? « Blognya fahroe Lacak balik pada Februari 20, 2010 pukul 7:04 pm
  9. 9 Testing.. « sulaimann Lacak balik pada April 25, 2010 pukul 8:43 pm
  10. 10 Blogging Offline dengan BlogDesk | tosari87 Lacak balik pada Februari 6, 2011 pukul 9:52 pm
  11. 11 Menu nge-blog « Amudi Pandapotan Saragih Lacak balik pada November 13, 2011 pukul 2:20 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Peringatan & Etika

Blog Stats

  • 778,372 hits

%d blogger menyukai ini: