Upload Gambar dan Persiapannya

Sebelum meng-unggah (upload) sebuah gambar ada beberapa hal yang harus di persiapkan terlebih dahulu.

Persiapannya:
Kecilkan ukuran gambar, diusahakan tidak lebih dari 100 KB. Ukuran yang terlalu besar membuat loading tulisan blog lambat, lagian membuat jatah/quota cepat penuh.

Ada beberapa program yang dapat digunakan untuk melakukan usaha tadi.
Kita bisa menggunakan program seperti Photoshop / Paint Shop jika kita memilikinya, namun program ini cukup berat dan tentu tidak gratis. Tapi masih ada program ringan dan tentu gratis yang bisa digunakan untuk melakukan tugas memperkecil ukuran gambar yang akan di uplod tadi. Di antaranya adalah:
Irfanview
Picasa
GIMP
Photofiltre
FastStone
Pixia

Penga-upload-an:

  1. Persiapkan gambar yang di-upload, pastikan anda tahu dimana letakknya di komputer anda. Format gambar yang ijinkan di wordpress.com antara lain: jpg, png, gif.
  2. Selanjutnya buka New Post, ini akan membawa anda menuju layar teks editor.
  3. Pastikan anda melihat semua seksi-seksi yang biasanya muncul, bila tidak anda bisa refresh atau reload browser anda, terutama yang seperti di bawah ini:

    menu upload

  4. Peng-uploadan bisa dimulai. Dibawah area “Tulisan/Post”, Anda akan melihat from seperti gambar di atas, itu adalah sarana untuk meng-upload gambar ke wordpress.com yang disediakan untuk anda (lumayan total 50 MB).
  5. Klik tab “Unggah/Upload”.
  6. Dibagian kanan kotak Berkas (File text box), terdpat tombol “Browse…” Klik saja tombol ini. Ini akan membuka kotak standar pencarian pada Operating System anda. Pilih folder dimana lokasi gambar yang akan di upload itu berada. Pilih dengan klik ganda gambar yang akan di upload sampai anda melihat di kotak berkas tadi terisi alamat lokasi gambar dikomputer anda.
  7. Isilah pada teks area untu “Judul/Title” and “Deskripsi” untuk informasi yang diperlukan. Untuk deskripsi bisa saja dikosongkan. Tidak boleh diisi dengan sebuah link (harus murni teks biasa).
  8. Jika semua sudah dilakukan, siap untuk meng-upload dengan nge-klik tombol Unggah/Upload. Ini bertujuan untuk memuat gambar anda ke webspace anda yang disediakan oleh wordpress.com. Pada tab Jelajah/Browse seharusnya ter-highlight dan ditampilkan gambar dengan mode thumbnail.

upload2

Anda punya 9 pilihan.
A: Tampilan Gambar + Berkas.
Ketika anda nge-klik gambar maka gambar asli akan ditampilkan.

B: Tampilan + Halaman.
Ketika anda nge-klik gambar maka gambar asli ditampilkan di halaman tersendiri.

C: Tampilan + Tidak ada.
Ketika anda nge-klik gambar maka tidak terjadi apa-apa.

D: Fullsize + Berkas.
Ketika anda nge-klik gambar maka gambar asli akan ditampilkan.

E: Fullsize + Halaman.
Ketika anda nge-klik gambar maka gambar asli ditampilkan di halaman tersendiri.

F: Fullsize + Tidak ada.
Ketika anda nge-klik gambar maka tidak terjadi apa-apa.

G: Judul + Berkas.
Yang muncul bukan gambar tapi hanya berupa teks sesuai judul yg anda tulis. Jika teks judul tadi di klik maka gambar asli akan ditampilkan.

H: Judul + Halaman.
Yang muncul bukan gambar tapi hanya berupa teks sesuai judul yg anda tulis. Jika teks judul tadi di klik maka gambar asli ditampilkan di halaman tersendiri.

I: Judul + Tidak ada.
Yang muncul bukan gambar tapi hanya berupa teks sesuai judul yg anda tulis. Jika teks judul tadi di klik maka maka tidak terjadi apa-apa.

Jika gambar anda selalu muncul secara thumbnails:

Oke… Selamat! Sekarang gambar yang anda upload telah tersimpan di WP.com space. Gambar anda siap untuk disisipkan ke dalam tulisan anda.Selanjutnya baca tulisan berikut ini: Bagaimana Meletakkan Gambar di Sekitar Teks?

Adapted From: Here




Peringatan & Etika

Blog Stats

  • 778,372 hits

%d blogger menyukai ini: